Ini blog gw

PERJALANAN HIDUP GUA SEMASA LULUS SMA hingga KULIAH


Gua hanya bercerita ke lu semua awal gua lulus SMA gua ga punya niat sama sekali untuk berkuliah di STMI KEMENPRIN itu karena udah mentok ga ketrima diman-mana hehehe... awalnya gua berminat menjadi seorang anggota Polri dan gua ingin sekali melanjutkan pendidikan gua ke AKPOL tapi karena waktu awal 2014 yang dibuka awal-awalnya penerimaan brigadir polri da gua konsultasi ke orangtua dan orangtua gua menyetujui gua tes brigadir polri. Sebenarnya gua ga ngotot harus AKPOL, Brigadir Polri ( CABA) pun gua juga mau yang penting jadi polisis wkwkwk. Nah dimulai saat awal- awal gua mendaftar Brigadir Polri, disitu gua mendaftar di detik-detik akhir dan Puji Tuhan gua bisa daftar dan dapat Nomor dan bisa seleksi CABA POLRI. Dimulai saat Rikkes 1 waktu itu di Polda Metro Jaya disitu diperiksa tinggi badan,berat badan, gigi,THT,buta warna, dan terakhir-terakhir ditelanjangin tuh yang diperiksa itu fisik bagian luar mulai dari Varises,varikokel,patah tulang, dll. Tiba saatnya pengunguman besok akhirnya jengjeng... dan akhirnya gua dinyatakan gagal Tidak Memenuhi Syarata ( TMS), disitu gua mulai frustasi dan males ngaapa-ngapain serasa gagal untuk mencapai cita-cita. Orangtua mulai menyemangati udah lah mungkin kamu ditakdirkan menjadi perwira bukan anggota-anggota hahahaha, udah nanti coba AKPOL aja kan belum buka dan bulan mei akpol pembukaan bertepatan dengan pengunguman UN dan gua liat persyaratan akpol nilai UN minimal harus 7,0 sementara gua 6,2 dan akhirnya gua gabisa ikut tes AKPOL deh sedihhh.

 Berikutnya Orangtua gua nyaranin nyoba sekolah-sekolah kedinasan dan alamarhum bokap gua yang paling gua cinta searching di internet sekolah-sekolah kdedinasan yang udah buka, nah disaat itu Sekolah Tinggi Perikanan Kementrian kelautan dan Perikanan pembukaan gua disuruh orangtua gua nyoba disitu walau dalam hati gua gabegitu niat untuk kesitu. Nah proses daftar STP pun berlangsung pada saat itu gua ditemanin alamarhum bokap, dan pada saat mendaftar belum terlalu rame, dan akhirnya selesai pendaftaran dan dapat nomor tes. Setelah itu sekitar satu minggu kemudian disuruh kembali ke kampus STP untuk pengunguman jadwal tes. Singkat cerita setelah pengunguman tes disitu diarahkan untuk kapan jadwal pengujian akademiknya, dan sekitar semingguan lagi disuruh untuk catar STP untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi. Dan hari untuk seleksi akademik pun dimulai, gua udah cukup mempersiapkan diri disitu gua belajar dari buku yang dikasih kenalan kakak kelas tempat les gua dulu di EC namaya bang Ramos gua optimis buku itu gua pelajarin dan gua bisa lolos tes, nah pada saat awal tes akademik gua telat sekita 30 menit gua pikir disini gua bakal gagal karena tergesa-gesa dengan waktu soalnya gua bangun juga agak kesiangan tesnya jam 8 gua berangkat dari rumah 7.30 dan nyampe jam 8.30 sbenarnya sih klo ga macet 30 menit itu juga karena daerah lebak bulus macet jarak rumah gua ke STP ga terlalu jauh, dan mulai lah tes akadmeik gua cukup lancar mengerjakan tesnya walaupun gua telat oh iya yang dujikan saat tes akademik STP itu matematika, fisika, biologi,kimia, bahasa inggris total soalnya 120 dan waktu yang diberika 2jam , pada saat test nilainya langsung keluar niali gua pas-pasan cuma 45 apa 50 ya lupa, tetapi kata panitia pengunguman lulus atau tidaknya sekitar 3-4 hari lagi,dan pengungumannya online. Dan 3 hari pengungumannya pun tiba gua dinyatakan lulus test akademik Puji Tuhan. lanjut tahap berikutnya mulai dari tes kesehatan jasmani, tes kesehatan, psikotes, dan wawancara itu disatupadukan baru lah ditentukan lolos apa tidaknya si calon taruna tersebut, singkat cerita ujung-ujungnya gua gagal untuk lanjut ke Sekolah Tinggi Perikanan, katanya sih gua gagal diwawancara atau psikotes tapi gatau lah manah yang bener.

Kemudian setelah itu orangtua menyarankan untuk berkuliah di PTN dan gua pun mendaftar SBMPTN yang gua pilih UNJ, UPI, dan UNTIRTA gua ngambil pendidkan matematika gua soalnya cukup suka dengan matematika dan hitung-hitungan, singkat cerita saat SBMPTN pun gua gagal, dan disitu gua merasa frustasi karena belum dapat tempat yang jelas sementara temen-temen gua udah pada jelas kuliah dimana, masa gua nganggur keburur beku nih otak. Dan orangtua gua pun kecewa dan marah sama gua karena ga ketrima dimana-mana dan orangtua gua pun menyuruh gua untuk cari sendiri mau kuliah dimana. Gua mulai melirik STMI KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN RI karena temen sma gua juga ada yang daftar disitu dan gua coba tes disitu, gua tes pada gelombang 2 PMB STMI dan Puji Tuhan gua diterima disitu.

Walaupun gua udah berkuliah di STMI tapi orangtua menyarankan untuk mencari sekolah kedinasan yang ikatan dinas, dan gua sambil berkuliah mencoba test di AKIP dan pada saat tes pertama yaitu Tes kompetensi dasar kayak test CPNS gitulah yang didalamnya berisi ( tes intelegensi umum, tes kewarganegaraan, dan tes karakteristik kepribadian) passing gradenya untuk lulus Tes kompentisi dasar adalah tes kewarganegaraan 65, tes intelegensi umu 70, dan. tes karakteristik kepribadian 120. dan gua mulai test dan ternyata nilai gua kurang dikit di bagian kewarganegaraa, tetapi di laina seperti Test Intelegensi dan test karakteristik kepribadian gua cukup tinggi dan gua dinyatakan gagal karena test kewarganegaraan gua kurang dari passing grade.

Nah ditahun berikutnya gua pingin tes Caba polri lagi karena gua liat temen gua sma udah ada yang lulus 3 orang mereka giat mencoba hingga 2x dan gua ingin pengen coba mungkin aja gua seperti mereka lulus hehehe ngarep.com. Setelah itu gua ke polres tangsel untuk daftar dan dapat nomor seleksi akhirnya lancar dan diumumkan untuk jadwal tes nya mulai dari pengukauran tinggi badan atau vertifikasi, rikkes 1, psikotes,samapta, rikkes 2, akdemik, dll. Pada tahapa awal vertifikasi gua dinyatakan lulus Puji Tuhan ditap vertifikasi juga cukup banyak yang digugurin, lanjut ketahapan rikkes1 disitu gua mulai cukup deg-degkan karena pengalaman 2014 kemarin gua gaga di rikkes 1 tapi setelah pengunguman gua dinyatakan lulus di rikkes 1 dan berlanjut di psikotes, gua mulai belajar cari-cari buku di toko buku kharisma sama bokap untuk persiapan tes psikotes, dan akhirnya gua pelajari terus tuh psikotes, dan hari esok pun tiba untuk tes psikotes di taman mini gua salah dengar pengunguman gua pikir wilkayah polres tangsel jam 7 pagi dan gua dateng jam 6 an nah ternyata yang test psikotes jam 7 pagi itu polres kepulauan seribu sama polres bekasi wkwkwk. dan ternyata polres tangsel itu jam 12 an tesnya klo ga salah, nah gua nunggu 6 jam dah tuh di TMII wwkw, sambil iseng-iseng belajar dan ngobrol-ngobrol dengan casis-casi polri lainnya. tiba waktu nya tes psikotes jeng jeng.. yang di tes di psikotes itu tes bakat skolastitatik, tes kepribadian , dan tes kecermatan, dan gua mulai mengisi jawabannya sangat gugup karena waktunya terbatas bos. Dan selesai lah tes psiskotes gua merasa deg-degan lulus atau engga. Nah tiba hari esok pengunguman dan gua dinyatakan tidak lulus tes psikotes caba polri  ah sudhlah mungkin bukan rejeki

Masih penasaran untuk menjadi anggota TNI/ POLRI gua pun mencoba kembali tes CABA AL baru-baru ini, disini yang dites itu adalah kesehatan 1, psikotes1, kestehatan 2, psikotes2. jasmani, pantauhir daerah dan gua kembali gagal di psokotes 1 ah gua bingung kenapa ya gua selalu gagal di psikotes, itu hanya Tuhan dan gua sendirilah lah yang tau. dan gua sampai saat ini masih berkuluah di STMI dan masih berminat untuk mencoba TNI/POLRI lagi tapi tidak dari ijazah sma tapi sarjana doakan yan AMIN...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliah Teknik Industri